Pages

dimanche, mars 01, 2015

Memanusiakan Manusia dengan Manusiawi

Habis baca berita di CTV Banten, timbullah kritik saya terhadap objek yang diberitakan televisi tersebut:

Gara-gara begal, semua orang jadi naik pitam; curi helm, warga sekitar beringaas dan seperti ingin menghabisi pelaku. Disini saya bingung, atas nama humanity, kemanusiaan, haruskah kita menghabisi mereka? Membunuh itu bukan kuasa manusia, tapi Allah. We know that they're kind of ignorant people, but since we know the values of humanity, should we get into the point of "murder"? But anyway, seneng juga sama polisi atas sikapnya untuk meredam agresifitas warga yang geregetan sama pelaku, dengan tegas mereka memberikan peringatan kepada warga yang naik pitam.


Ditambah, berita tentang penangkapan PSK di Jakarta oleh SatpolPP. Saya sebenarnya bingung, haruskah aparat menangkap mereka dengan kekerasan? Diseret seperti binatang. padahal aparat belum punya bukti yang akurat kalo mereka PSK. Ya kalo mereka kabur, memang harus banget ya diseret? Diseret dan dipegang2 dadanya? Padahal SatpolPP bukan militer dan yang ditindak pun bukan seorang pemberontak negara atau yang mempunyai senjata tajam... mereka butuh uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, bukan seperti koruptor yang ngambil hak banyak orang utk keperluan sendiri...

Coba atuh ya kita memanusiakan manusia sebagaimana mestinya, dalam lingkup kemanusiaan.  Semoga semakin banyak aparat di Indonesia yang mendahulukan nilai kemanusiaan dalam setiap penyidikannya.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire